Cinta pertama dengan Sulawesi Selatan ...

Kunjungan saya ke Sulawesi Selatan terjadi pada tahun 2013. Pada awalnya, saya berencana mengunjungi beberapa tempat, seperti Tana Toraja, Rammang – Rammang, dan Tanjung Bira, tetapi karena satu dan lain hal, terpaksa saya harus memotong liburan singkat saya ini, dan hanya menyisakan Tanjung Bira dalam acara perjalanan ke Sulawesi Selatan ini. 


Indonesia - Sulawesi Selatan - Penerbangan dari Jakarta menuju Makassar
Terbang bersama si merah ke Makassar
Karena perjalanan saya menjadi super singkat, maka saya memutuskan untuk menyewa kendaraan dari Makassar untuk menuju Tanjung Bira, daripada menggunakan transportasi umum yang mungkin saja memakan waktu lebih lama. Sayangnya, hanya saya yang bisa menyetir mobil, tapi ya sudah tidak apa – apa, karena saya pikir pasti seru. Untungnya, kami liburan selama 2 malam di Tanjung Bira, jadi ada waktu untuk menikmati dan relaks sejenak sebelum balik lagi menyetir balik ke Makassar.

Ini kunjungan saya yang pertama ke Sulawesi Selatan, dan saya kurang tahu kondisi lalu lintas antar kota di Sulawesi Selatan, jadi saya nekat saja. Bahkan perjalanan menuju Tanjung Bira, baru dimulai sore hari, setelah kami mengantar teman kami lainnya yang akan pulang ke Jakarta.

Satu komentar yang saya ingat dari teman seperjalanan saya mengenai gaya menyetir saya, setelah saya menghitung waktu perjalanan yang memakan waktu hingga 6 jam dan tiba di Tanjung Bira sekitar jam 10 malam.


Indonesia - Sulawesi Selatan - Perjalanan balik dari Tanjung Bira menuju Makassar
Ini pemandangan pada saat dalam perjalanan balik dari Tanjung Bira ke Makassar pada saat siang hari (Sulawesi Selatan - Indonesia)
‘kamu nyetirnya ga cepat – cepat amat nih, tadi aku lihatin speedometer-nya, kecepatanmu dari 70 – 80 km/j, terus turun lagi, gitu aja terus haha!’

Iya sih menurut Google Maps perjalanan ini hanya memakan waktu sekitar 4,5 jam saja, tapi ya sudah lah, padahal saya yang menyetir sepertinya sudah cepat lho karena ingin cepat sampai haha!



Penginapan yang kami pilih berlokasi tepat di samping pantai Tanjung Bira, jadi senang banget waktu pagi – pagi dan melihat keluar kamar yang terlihat pantai Bira langsung. Bahkan lokasi untuk makan pagi pun terletak di dekat pantai.

Sebenarnya saya tidak terlalu banyak merencanakan perjalanan ini, karena setelah menyetir sendiri selama sekitar 6 jam, sepertinya tidak perlu sibuk pergi ke sana ke sini, tetapi ada satu hal yang ingin saya lihat, yakni pembuatan kapal phinisi di Tana Beru. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Tanjung Bira.


Indonesia - Sulawesi Selatan - Tana Beru - Kerangka kapal phinisi
Pembuatan kapal phinisi di Tana Beru (Sulawesi Selatan - Indonesia)

Ketika saya mendatangi lokasi itu, ternyata pembuatan kapal phinisi terletak di tepi pantai, dan ada beberapa pembuatan kapal yang sedang berlangsung. Kami cukup beruntung untuk berbicara dengan salah satu pembuat kapal Phinisi.

Saya cukup terkejut ketika sang pembuat kapal phinisi ini mengatakan kalau dia tidak perlu merancang bentuk kapal seperti apa, mengukur berapa panjang kayu untuk kerangka kapal ini, dan sebagainya. Semuanya dilakukan dengan insting saja. Keren sekali! Saya saja kalau mau membuat sesuatu mesti dikonsep terlebih dahulu. 

Hal berikutnya yang cukup membuat saya tercengang adalah harga dari kapal – kapal phinisi tersebut. Harganya memiliki rentang dari puluhan hingga ratusan juta! Beberapa konsumennya ada yang berasal dari Bali. Kok saya jadi pengen ya phinisi *ehm … ngarep*



Tinggal di daerah Tanjung Bira memang menyenangkan.

Setelah melihat - lihat pembuatan kapal phinisi, ternyata pantai Tanjung Bira merupakan pantai sunset, dan sungguh menyenangkan memang, bermain air di pantai sambil menikmati sunset. Lalu tidak jauh dari tempat kami tinggal - keluar dari kompleks wisata Tanjung Bira, kami mengunjungi pantai lain lagi yang ternyata merupakan pantai sunrise!


Indonesia - Sulawesi Selatan - Tanjung Bira - Sunset!
Sunset di Pantai Bira (Sulawesi Selatan - Indonesia)

Di situ tidak hanya kami menikmati sunrise, tetapi ternyata banyak juga pembuatan kapal phinisi di sini. Bahkan ternyata ada kapal phinisi yang sudah hampir jadi, dan sedang dipersiapkan untuk berlabuh!

Wow ... menyenangkan sekali mengunjungi tempat ini. Beruntunglah saya mendapatkan cinta pertama saya terhadap Sulawesi Selatan di Tanjung Bira ini. Tapi tentunya saya ingin mengunjungi lagi Sulawesi Selatan untuk destinasi yang lain!


Indonesia - Sulawesi Selatan - Tanjung Bira - kapal phinisi yang hampir jadi
Almost ready to sail! (Sulawesi Selatan - Indonesia)
...

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog “Blog Competition #TravelNBlog 5: Jelajah Sulsel“ yang diselenggarakan oleh @TravelNBlogID.


Indonesia - Sulawesi Selatan - Tana Beru - Me on a Kapal Phinisi
Bolehlah ya menumpang mejeng di atas kapal mahal ini :-)

Label: , , , , ,